cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sidoarjo,
Jawa timur
INDONESIA
Ecopreneur.12
ISSN : 26143968     EISSN : 26156237     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Ecopreneur.12 menfasilitasi penelitian bagi para dosen Khususnya di fakultas ekonomi dalam melakukan proses publikasi ilmiah.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2019): April 2019" : 8 Documents clear
IMPLEMENTASI AKUNTANSI PADA AKAD PIUTANG MURABAHAH DI KSPPS BMT AMANAH UMMAH SURABAYA Dewi Agustya Ningrum
Ecopreneur.12 Vol 2, No 1 (2019): April 2019
Publisher : Universitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/econ12.v2i1.383

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kondisi dalam keadaan nyata mengenai implementasi akuntansi dari akad piutang murabahah berdasarkan PSAK (Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan) No. 102. Objek penelitian dilakukan di KSPPS BMT Amanah Ummah Surabaya. Penilitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa pengakuan dan pengukuran serta penyajian dan pengungkapan piutang murabahah belum sepenuhnya sesuai berdasar ketentuan PSAK No.102. Berdasarkan temuan, penerapan serta perlakuan akuntansi yang telah sesuai PSAK No.102 yaitu pada penentuan margin, penyediaan agunan, berlakunya denda jika terdapat kesepakatan yang dilanggar, berlakunya potongan saat piutang dilunasi lebih awal dari jatuh tempo, aset murabahah diakui senilai harga perolehan, piutang murabahah diakui senilai harga perolehan aset murabahah dan ditambah keuntungan yang sudah disepakati kedua belah pihak, keuntungan murabahah diakui sebesar proporsional dengan nilai kas yang berhasil ditagihkan dari piutang murabahah. Kata kunci: implementasi akuntansi, piutang murabahah, PSAK No. 102
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN LOKASI FOOD CARAVAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI GRAHA FAIRGROUND SURABAYA, JAWA TIMUR, INDONESIA Lisa Suryandari
Ecopreneur.12 Vol 2, No 1 (2019): April 2019
Publisher : Universitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/econ12.v2i1.388

Abstract

Komunitas Food caravan Culinary Surabaya yang berdiri sejak 10 November 2016 ,berkembang sangat pesat. Hingga saat ini sudah berkembang menjadi 17 food caravan. Bisnis food caravan ini turut mewarnai harapan kaum milenia yang ingin mandiri, dengan harapan fenomena food caravan ini membangkitkan semangat start up untuk berbisnis dan menghasilkan pendapatan sendiri. Dari persamaan regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel harga(X1) dan lokasi food caravan (X3) mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan pembelian food caravan di Surabaya. Pengaruh positif ini menunjukkan bahwa variabel keputusan pembelian akan berubah searah dengan perubahan variabel - variabel bebasnya, yaitu harga dan lokasi. Sedangkan variabel kualitas pelayanan (X2) mempunyai pengaruh negatif terhadap keputusan pembelian (Y). Sebesar 0,870 atau 87 %, yang berarti variabel bebas dalam penelitian ini, yaitu harga, kualitas pelayanan dan lokasi food caravan mampu menjelaskan variable terikat (keputusan pembelian) atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini, yaitu variabel promosi dan kualitas produk. Variabel harga mempengaruhi secara dominan terhadap keputusan pembelian. Kata kunci : Harga, Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Keputusan Pembelian
PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA DAN KEPUASAN KERJA (STUDI KASUS PT. JENT TSONG INDONESIA) Nuning Nurna Dewi
Ecopreneur.12 Vol 2, No 1 (2019): April 2019
Publisher : Universitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/econ12.v2i1.384

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis Pengaruh motivasi dan komitmen organisasi terhadap kepuasan kerja dan kinerja karyawan,sumber data yang di gunakan adalah data primer dan sekunder, didalam penelitian ini populasi dan sample yang di gunakan 100 karyawan dari bagian produksi,jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah survey karena hendak melihat pengaruh motivasi dan komitmen organisasi terhadap kepuasan kerja dan kinerja karyawan, Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motivasi berpengaruh terhadap kepuasan kerja juga dapat di terima ,komitmen organisasi berpengaruh terhadap kepuasan kerja juga dapat di terima , motivasi berpengaruh terhadap kinerja juga dapat di terima , komitmen organisasi berpengaruh terhadap kinerja tidak dapat di terima, kepuasan kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan dapat di terima. Kata kunci; Motivasi, komitmen organisasi, kepuasan kerja dan kinerja karyawan
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN SERTA LOYALITAS KONSUMEN (STUDI KASUS PADA TOKO ONLINE BELLSHOP) Biandri Muslim
Ecopreneur.12 Vol 2, No 1 (2019): April 2019
Publisher : Universitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/econ12.v2i1.390

Abstract

Peningkatan jumlah pemakai internet membuat orang tertarik untuk melakukan perdagangan secara online, dengan cara menggunakan aplikasi untuk mempromosikan produknya, sekaligus untuk melakukan transaksi. Adapun tujuan survey ini dilakukan adalah untuk mengetahui tingkatan pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen (studi kasus pada toko online Bellshop). Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sample responden dalam penelitian ini sebanyak 100 responden menggunakan metode non probability sampling. Alat uji sebagai pendukung adalah path analysis dengan software SPSS 16. Berdasarkan analisis hasil penelitian terdapat simpulan dari kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan, harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan, dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen, harga tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen, kepuasan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen, kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan serta loyalitas konsumen, harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan serta loyalitas konsumen. Kata kunci : kualitas produk, harga, loyalitas, dan kepuasan
ANALISIS RASIO AKTIVITAS DAN RASIO PROFITABILITAS PADA PERTUMBUHAN LABA DI INDONESIA TAHUN 2013-2017 Nihlah F A; Muttaqiin N
Ecopreneur.12 Vol 2, No 1 (2019): April 2019
Publisher : Universitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/econ12.v2i1.391

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis rasio aktivitas dan rasio profitabilitas pada pertumbuhan laba di Indonesia. Rasio aktivitas diproksikan dengan penggunaan variabel Total Assets Turnover (TATO) dan Fixed Assets Turnover (FATO). Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diambil dari laporan keuangan perusahaan subsektor real estate dan property selama tahun 2013 hingga 2017 yang terdaftar di BEI. Menggunakan teknik sampel purposive sampling dengan jumlah sampel 41 perusahaan. Alat analisis untuk pengujian hipotesis adalah SPSS versi 21.
SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMBELIAN SPARE PART FORKLIF OLEH PT. GROGOL SARANA TRANSJAYA PADA PROYEK PERTAMINA Donny Arif; Nikma Yucha; Eddy Rosidi
Ecopreneur.12 Vol 2, No 1 (2019): April 2019
Publisher : Universitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/econ12.v2i1.386

Abstract

Maksud dari penelitian ini guna memahami penerapan sistem dan prosedur pembelian, mengetahui fungsi sistem pembelian barang spare part forklift oleh PT. Grogol Sarana Transjaya Surabaya dan peran sistem – sistem tersebut dalam mendukung pengendalian intern perusahaan sudah diterapkan secara efektif atau belum. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif diskriptif. Teknik penelitian yang digunakan dengan wawancara dan dokumentasi. Fokus penelitian ini pada factor-faktor yang berhubungan dengan sistem dan prosedur, serta unsur pengendalian intern yang meliputi prosedur pencatatan,praktik yang sehat, siklus pembelian spare part forklift oleh PT. Grogol Sarana Transjaya Surabaya. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa sistem dan prosedur pembelian barang spare part forklift sudah baik dalam menunjang pengendalian intern perusahaan. Namun masih ada terdapat beberapa kelemahan antara lain kurang perencanaan pencatatan dalam pengajuan permintaan barang. Beberapa saran dari peneliti adalah sebaiknya ada perencanaan dalam pengajuan pembelian sehingga tidak mengakibatkan double pencatatan. Kata kunci: siklus pembelian, sistem pengendalian intern, sistem pembelian, standar operasional prosedur
PENGARUH DISIPLIN KERJA, SEMANGAT KERJA TERHADAP MOTIVASI DAN DAMPAK KINERJA KARYAWAN BAGIAN GUDANG BARANG JADI Wulan Purnamasari; Ratna Ekasari; Isa madjid
Ecopreneur.12 Vol 2, No 1 (2019): April 2019
Publisher : Universitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/econ12.v2i1.387

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan membuktikan adanya pengaruh disiplin kerja, Semangat Kerja terhadap motivsi dan dampak kinerja karyawan bagian gudang barang jadi PT. Platinum Ceramics Industry di kabupaten Gresik. Responden yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 118 karyawan, penelitai ini menggunakan analisis SEM (Struktural Equation Modeling) program AMOS (Analysis of Moment Stukture) versi 20.0, ), yang berguna untuk membuat model pengukuran dan persamaan struktural. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam perhitungan dan pengujian hipotesis disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja karyawan. Hasil hipotesis yang kedua, menunjukkan bahwa disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Hipotesis yang ketiga, hasil analisa menunjukkan bahwa semangat kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja karyawan. Sedangkan dalam pengujian hipotesis keempat menunjukkan bahwa semangat kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Untuk hasil pengujian hipotesis yang kelima menunjukkan bahwa motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Platinum Ceramics Industry di Kabupaten Gresik. Kata kunci : Disiplin Kerja, Semangat Kerja, Motivasi dan Dampak Kinerja.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BUMBU MASAK INSTAN MEREK BMM (BUMBU MASAK MACHMUDAH) Rezki Aulia Pramudita
Ecopreneur.12 Vol 2, No 1 (2019): April 2019
Publisher : Universitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/econ12.v2i1.385

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian produk bumbu masak instan merek BMM. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Faktor kebudayaan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk bumbu masak instan merek BMM; Faktor sosial berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk bumbu masak instan merek BMM; 3. Faktor pribadi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk bumbu masak instan merek BMM; 4. Faktor psikologi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk bumbu masak instan merek BMM; 5 Faktor kebudayaan, sosial, pribadi dan psikologi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk bumbu masak instan merek BMM. Kata Kunci : Faktor Kebudayaan, Sosial, Pribadi, Psikologi, keputusan pembelian.

Page 1 of 1 | Total Record : 8